Jumat, 02 Agustus 2019

Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet

Hai Sabat - Tafsir Mimpii apa ada bertanya-tanya tentang mimpi anda, terkadnag saat kita mengalami yang namanya mimpi kita menjadi penasaran apa yang terjadi dikemudian hari. Apalagi mimpi yang anda alami sedikit menyeramkan dan mungkin penuh dengan misteri. Nah untuk menjawab itu semua ada yang menamakanya dengan tafsir mimpi ada juga yang menamakanya dengan primbon mimpi. Namun dalam portal ini untuk mempermudah dalam tata bahasa yang mudah dipahaminya kami menulisnya dengan kata arti mimpi yang enak digengar dan bisa dipahami semua kalangan. Bicara mengenai arti mimpi apakah anda pernah mengalami mimpi Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet yang mingkin ada akan bertanya-tanya.apa ya artinya. Tapi bagi sebagian orang yang tidak menghiraukan akan mimpi mereka cuma mengaggapnya sebagai bunga tidur semata. Tanpa pedulu dengan rasa ingin tahu yang dikandungnya.

Tafsir Mimpi Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet senarnnya banyak mengandung arti didalamnya dalam ilmu Kejawen atau budaya kuno tradisi lama banyak yang menceritakan akan kandungan arti mimpi tersebut. Sebut saja Primbon mimpi jawa atau zodiak mimpi pasti kamu akan mudah untuk menemukanya.Mimpi Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet ini biasanya pernah dialami oleh sebagian orang dan mungkin bisa dikatakan pasti anda sudah pernah mengalaminya karena mimpi ini sifatnya umum. Dan maksudnya pun jelas hanya ingin menyatakan atau meberikan firast kabar mimpi dengan sang yang bermimpi. Atau sekedar mengingatkan kita.

Oke saja tanpa basi-basi dan panjang lebar tentang Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet mari kita simak penjelasanya berikut ini, semoga dengan penjelasan singkat ini kita bisa dengan mudah untuk memahaminya. Tanpa adanya maksud dan tujuan apa-apa. Yang jelas kepercayaan akan kami kembalikan sepenuhnya pada pembaca arti mimpi yang budiman. Terlepas akan kebenaranya dan kerpercayaan anda menyikapi hal ini.

Mengenal Daun-daunan Yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Pakan Ikan Gurami

Untuk membudidayakan ikan gurami diperlukan pakan yang bagus. Dan umumnya pakan yang bagus yang mendukung pertumbuhan gurami dengan cepat adalah pakan pabrikan. Secara umum pakan pabrikan untuk ikan gurami memiliki harga yang lebih mahal daripada pakan racikan sendiri.
Ikan Gurami adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium.
Nama ilmiah: Osphronemus goramy
Kingdom: Animalia
Famili: Osphronemidae
Tingkatan takson: Spesies
Spesies: O. goramy.
Bagaimana mensiasati pakan gurami agar lebih hemat dan lebih efisien?

Berikut teknik tepat pemberian pakan ikan gurami:
  1. Pemberian pakan yang teratur dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh ikan lebih cepat. Induk-induk gurami yang sehat dan terjamin makanannya dapat dipijahkan dua kali setahun berturut-turut selama 5 tahun.
  1. Untuk merangsang pertumbuhan gurami, perlu diberikan pakan hewani dan nabati dalam komposisi yang ideal. Gurami tidak dapat diberi 100% pakan pabrik karena dagingnya akan menjadi lembek. Untuk memenuhi pakan nabati, bisa disediakan berbagai jenis hijauan seperti daun sente, kangkung, daun ubi kayu, dan tanaman air atau daun tanaman darat yang lunak serta masih muda.
Jika ditambah enzim kompleks, komposisi pemberian pakan hewani dan nabati yang baik adalah 2% per kg. Berdasarkan pengalaman beberapa petani, pemberian daun sente (Alocasia machoriza), sejenis talas-talasan, menunjukkan pertumbuhan yang paling baik. Pemberian pakan nabati dimulai saat benih seukuran korek atau kira-kira berumur 3,5 bulan.
  1. Pakan diberikan berupa pelet dengan kandungan protein yang disesuaikan dengan ukuran ikan jika:
  • Ukuran ikan 3—5 cm kadar proteinnya 38%
  • Ukuran ikan 5—15 cm kadar proteinnya 32%
  • Ukuran ikan >15 cm kadar proteinnya 28%
  1. Ransum harian pakan buatan dilakukan secara berkala dengan dosis 1—3% dari bobot biomass per hari dengan frekuensi pemberian 1—2 kali per hari, yaitu pagi dan sore. Adapun pakan hijauan diberikan dengan dosis 1—2% dari bobot biomass per hari dengan frekuensi satu kali per hari.
Mungkin banyak juga yang belum tahu jika ternyata daun pisang bisa dijadikan pakan tambahan untuk ikan gurami. Bahkan sayuran genjer juga bisa digunakan sebagai daun-daunan pakan tambahan untuk ikan gurami. Ada satu jenis daun lagi yang biasanya digunakan untuk pakan ternak ternyata juga bagus untuk pakan tambahan dan pakan alternatif bagi ikan gurami yaitu daun lamtoro. Apa saja jenis daun-daunan lainnya yang cocok dan bagus untuk pakan hijauan ikan gurami?

Berikut beberapa jenis daun yang biasa digunakan untuk pakan tambahan ikan gurami di antaranya:
1. daun talas
2. daun senthe
3. kangkung
4. ketela pohon / singkong
5. caisin
6. daun lamtoro
7. daun pepaya
8. daun pisang
9. mata iwak atau kiambang kecil
10. genjer

Tips Agar Ikan Gurami Cepat Besar

Untuk mempercepat pertumbuhan gurami yang dikenal lamban, sebaiknya pakan pelet dicampur terlebih dahulu dengan probiotik.

Probiotik ini sudah banyak digunakan petani ikan maupun produk pertanian lainnya untuk meningkatkan produksi. Pada ikan, probiotik mampu meningkatkan nafsu makan, memacu pertumbuhan karena penyerapan protein lebih sempurna, menambah kekebalan terhadap penyakit sehingga mengurangi tingkat kematian, menghilangkan bau busuk (amis) dan menumbuhkan plankton pakan alami di kolam.

Salah satu jenis probiotik yang bisa digunakan adalah Raja Grameh dan SPF. Probiotik tersebut yang dicampurkan pada pakan maupun langsung dituang dalam kolam dengan dosis tertentu. Setelah pemberian probiotik ini biasanya air kolam berwarna lebih hijau karena mampu merangsang pertumbuhan fitoplankton sebagai makanan alami ikan dalam kolam yang juga dapat memacu pertumbuhan serta membantu menjaga kekebalan tubuh ikan sehingga lebih tahan penyakit.

Selain memberikan probiotik, pemberian frekuensi pakan pun harus diperhatikan. Ada baiknya pakan diberikan pada pagi dan malam hari dengan persentase 2% dari berat massa ikan dalam kolam atau sekitar 4 kg. Di samping pakan pelet, Anda pun bisa memberikan daun sente (seperti daun talas) yang banyak ditemukan di sekitar kolam sebagai pakan tambahan ikan yang diberikan sekitar 100 daun/hari.


Jenis-jenis daun diatas mungkin saja ada yang sulit diperoleh disekitar anda. Anda bisa juga melakukan ujicoba dengan daun-daunan jenis lainnya dengan syarat harus dipastikan bahwa daun-daunan tersebut tidak mengandung racun yang membahayakan Ikan gurami.

Judul :Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet
Link :Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet

Artikel terkait yang sama:


Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-macam Jenis Pakan Ikan Gurami, Mulai Daun-daunan Hingga Pelet

0 komentar:

Posting Komentar