Minggu, 29 Juli 2018

Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara

Hai Sabat - Tafsir Mimpii apa ada bertanya-tanya tentang mimpi anda, terkadnag saat kita mengalami yang namanya mimpi kita menjadi penasaran apa yang terjadi dikemudian hari. Apalagi mimpi yang anda alami sedikit menyeramkan dan mungkin penuh dengan misteri. Nah untuk menjawab itu semua ada yang menamakanya dengan tafsir mimpi ada juga yang menamakanya dengan primbon mimpi. Namun dalam portal ini untuk mempermudah dalam tata bahasa yang mudah dipahaminya kami menulisnya dengan kata arti mimpi yang enak digengar dan bisa dipahami semua kalangan. Bicara mengenai arti mimpi apakah anda pernah mengalami mimpi Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara yang mingkin ada akan bertanya-tanya.apa ya artinya. Tapi bagi sebagian orang yang tidak menghiraukan akan mimpi mereka cuma mengaggapnya sebagai bunga tidur semata. Tanpa pedulu dengan rasa ingin tahu yang dikandungnya.

Tafsir Mimpi Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara senarnnya banyak mengandung arti didalamnya dalam ilmu Kejawen atau budaya kuno tradisi lama banyak yang menceritakan akan kandungan arti mimpi tersebut. Sebut saja Primbon mimpi jawa atau zodiak mimpi pasti kamu akan mudah untuk menemukanya.Mimpi Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara ini biasanya pernah dialami oleh sebagian orang dan mungkin bisa dikatakan pasti anda sudah pernah mengalaminya karena mimpi ini sifatnya umum. Dan maksudnya pun jelas hanya ingin menyatakan atau meberikan firast kabar mimpi dengan sang yang bermimpi. Atau sekedar mengingatkan kita.

Oke saja tanpa basi-basi dan panjang lebar tentang Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara mari kita simak penjelasanya berikut ini, semoga dengan penjelasan singkat ini kita bisa dengan mudah untuk memahaminya. Tanpa adanya maksud dan tujuan apa-apa. Yang jelas kepercayaan akan kami kembalikan sepenuhnya pada pembaca arti mimpi yang budiman. Terlepas akan kebenaranya dan kerpercayaan anda menyikapi hal ini.


Meskipun Tidak Tahu Arti Dari Kata-kata Yang Mereka Tirukan, Jenis-jenis Burung Kicau Ini Termasuk Burung Cerdas Yang Pandai Menirukan Suara Apa Saja

Di alam liar, banyak jenis burung kicau yang memiliki suara kicauan gacor tetapi bukan asli suaranya sendiri. Kicauan mereka campur baur dengan suara burung lain disekitarnya yang dengan mahirnya mereka tirukan. Jenis-jenis burung ini bisa dianggap sebagai burung cerdas karena pintarnya mereka menirukan suara apa saja termasuk suara manusia, hewan lain dan tentunya jenis burung lainnya.

Mungkin saja yang paling kicaumania kenal adalah burung beo yang memang sudah sangat populer dalam menirukan suara manusia, suara mesin mobil, suara kicau burung lain bahkan suara kucing yang sedang bertengkarpun pandai mereka tirukan dengan sangat mirip.

Mungkin anda pernah juga terkaget-kaget mendengar burung beo menirukan salam atau bahkan beo marah-marah. Sebenarnya kata-kata yang keluar mereka sama sekali tidak tahu artinya dan hanya menirukan sehingga jika anda bertamu ke tetangga yang memiliki burung beo dan tiba-tiba burung tersebut marah-marah maka anda tidak layak tersinggung he..he.he, mungkin saja burung beo tersebut sedang menirukan pemiliknya yang mungkin suka marah-marah dan terekam dalam otak si beo yang kemudian ditirukannya tanpa melihat waktu.

Selain beo, masih ada beberapa jenis burung yang pandai menirukan suara, berikut ini beberapa diantaranya.

Burung Cerdas Peniru Ulung, Burung Lyre

Burung lyre / superb lyrebird (Menura novaehollandiae) termasuk burung endemik Australia yang dikenal memiliki kemampuan luar biasa dalam meniru berbagai jenis suara burung, suara manusia, dan suara lingkungan sekitarnya. Kemampuan meniru secara cepat dan sangat fasih tersebut jarang ditemukan pada burung jenis lain yang juga memiliki kemampuan mimikri. Lyrebird merupakan salah satu burung peniru terbaik di dunia. Spesies ini memiliki kemampuan meniru berbagai jenis suara burung lain dengan sangat sempurna. Bukan hanya itu, burung ini juga pintar meniru suara gergaji mesin, mobil ambulan, gonggongan anjing, bayi menangis, dan beberapa jenis suara alat musik.

Kemampuan hebat Lyrebird itu juga terus berkembang dan menyebar saat satu Lyrebird mendengarkan kombinasi suara aneh itu dari Lyrebird dan spesies burung lain. "Burung ini (Lyrebird) mampu menirukan suara hingga 20 lebih spesies burung lain," ujar salah satu ilmuwan biologi, David Attenborough.

Sampai sekarang Lyrebird masih belum dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah meski populasinya terus menurun. Burung endemik Australia ini sering diburu oleh manusia selain karena kemampuan peniru suaranya juga karena bulu ekornya yang indah. Sekilas, Lyrebird jantan yang sudah dewasa terlihat seperti seekor burung merak dengan ekornya yang indah. Bedanya, warna Lyrebird lebih didominasi dengan warna coklat, hitam, abu-abu, dan putih.

Burung. Jalak Suren

Mungkin anda masih ingat dengan cerita seekor burung jalak suren jawa yang pintar. Si satpam teriak maling milik pak Mamat. Burung tersebut membuktikan bahwa burung jalak suren memiliki kemampun menirukan suara manusia dengan has suara miliknya, walaupun tidak sefasih burung beo, namun suaranya masih bisa dimengerti. Burung jalak ini juga memiliki keistimewaan yang disebut mompa. Saat dia berkicau, dia menarik nafas sampai badannya mengembung (membesar) kemudian berteriak kencang, seperti kembang kempis dan berulang-ulang.

Burung Branjangan

Branjangan (Mirafra javanica) mempunyai kicauan yang nyaring dan pandai menirukan suara burung lain. Branjangan merupakan burung persawahan/ladang yang suka hidup di area terbuka berumput. Burung Branjangan ( Mirafra Javanica ) adalah burung dari bangsa Passeriformes dari famili Alaudidae yang terkenal dapat bernyanyi dengan indahnya.

Burung branjangan menurut situs wikipedia adalah spesies burung pengicau yang termasuk kedalam famili alaudidae, burung ini mendiami padang rumput di sebagian besar Australia dan sebagian besar Asia Tenggara. Burung Branjangan memiliki Nama ilmiah: Mirafra javanica

Burung Parkit

Meski bertubuh kecil, burung parkit punya kemampuan meniru ucapan manusia. Bahkan pada tahun 1995, ada seekor parkit yang tercatata dalam Guinnes World Record karena memiliki perbendaharaan 1.728 kata. Memang, tidak semua parkit memiliki kemampuan sehebat itu. Namun ada beberapa individu yang bisa mempelajari hingga 300-500 kata dan kalimat.

Burung Kakatua

Burung kakatua juga sangat cerdas dan pintar menirukan beragam suara. Namun kemampuan bicara pada burung ini sangat tergantung pada latihan yang diberikan. Makin rutin dilatih, makin cepat pula burung kakatua menguasai suara tersebut.

Namun ada beberapa jenis burung kakatua yang pandai dan cepat meniru ucapan manusia, misalnya rose-breasted cockatoo (galah), kakatua-kecil jambul-kuning / yellow-crested cockatoo, dan long-billed cockatoo.

Burung Jalak kerbau

Burung dari keluarga jalak-jalakan memang tergolong burung pintar. Jalak kerbau merupakan burung yang saat ini hampir punah dari habitatnya. Pada zaman dulu, burung ini sangat mudah dijumpai, dia akan bertengger dipunggung kerbau dengan maksud mencari kutu. Mungkin dari situ kita bisa mengambil pelajaran yang namanya simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan. Burung jalak kerbau ternyata juga mampu menirukan suara manusia walau hanya kalimat yang pendek-pendek saja. Sejak lama burung ini dipelihara, terutama oleh para petani di pedesaan. Burung jalak kerbau (jalak kebo) mata putih lebih digemari daripada burung jalak kerbau mata kuning dengan alasan perbadaan kepintarannya.

Burung Jalak ungu

Di Indonesia, burung ini lebih dikenal dengan nama kerak ungu. Burung yang masih tergolong jenis jalak-jalakan ini banyak dipelihara karena kepintarannya menirukan suara manusia lebih fasih dari burung jalak suren dan juga jalak kerbau. Suara yang ditirukan bahkan lebih panjang dalam satu kalimatnya.

Burung Kasturi Kepala Hitam

Kasturi kepala hitam / black-capped lory (Lorius lory) merupakan burung endemik Papua serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain berpenampilan cantik, burung ini juga mampu menirukan beragam suara, termasuk suara manusia. Burung yang kerap disebut nuti pala item ini terdiri atas tujuh ras / subspesies, dengan wilayah persebaran yang tidak selalu sama. Bahkan setiap ras memiliki sedikit perbedaan penampilan, termasuk warna bulunya.

Kasturi kepala hitam termasuk burung yang mudah jinak. Kalau rutin dilatih dengan satu kata atau kalimat, burung ini mudah menirunya. Namun, kasturi kepala hitam termasuk burung dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 / Tahun 1999. Dengan demikian, perdagangannya tidak sebebas jenis burung lainnya.

Burung African grey parrot

Burung African grey dipercaya sebagai burung yang paling pintar diantara semua jenis burung yang bisa menirukan suara manusia. Di Eropa sana, burung african grey dilatih untuk jinak dan sebagai burung penurut. Makanya tak jarang jika burung ini show atau melakukan pertunjukan sesuai dengan apa-apa yang diperintahkan pemiliknya, terlebih setelah dilatih dengan penuh kesabaran dan kasih sayang dalam pengawasan ahli dalam hal perburungan. Burung african grey ini sering dipertontonkan kepada halayak banyak dalam acara pertunjukan sirkus.

Burung Eclectus (nuri bayan)

Burung eclectus yang lebih dikenal dengan nama bayan atau nuri bayan merupakan burung yang pintar. Burung yang memiliki kepintaran menirukan suara burung lain ini juga mampu meniru suara manusia dengan lebih jelas. Keunikan lain yang dimilikinya adalah perbedaan warna sang jantan dan betina yang sangat mencolok. Nuri bayan jantan memiliki warna hijau, sedangkan betinanya berwarna merah dengan sedikit warna biru. Burung eclectus ini tentunya akan lebih pintar jika dipelihara dan dilatih sejak kecil.

Burung Betet

Burung Betet atau sebutan lainnya yaitu burung bayan, terdiri dari setidaknya 372 spesies di seluruh dunia dan terbagi dalam 86 marga atau genus. Suara panggilan dan nyanyian burung merupakan kemampuan bawaan dan tidak melibatkan pembelajaran. Kemampuan untuk mempelajari suara dengan cara menirukan sumber suara lain hanya terdapat pada sedikit jenis burung yaitu : jenis burung penyanyi, seperti burung thrush dan burung lyrebird; Kolibri; serta burung beo dan burung betet.


Dari beberapa jenis tersebut, burung betet merupakan burung peniru yang terbaik. Hal ini tidak diketahui secara persis mengapa burung betet bisa menirukan suara dan burung lain tidak bisa menirukan suara, tapi kebanyakan ahli sepakat bahwa hal tersebut karena kecerdasan yang dimiliki burung betet dan struktur sosialnya.

Meskipun burung betet di penangkaran mampu menirukan suara manusia, para ilmuwan percaya bahwa mereka mengembangkan keterampilan imitasi tersebut sebagai sarana untuk bertahan hidup. Burung betet membentuk hubungan monogami yang kuat, dan kemampuan menirukan suara diantara pasangan dapat meningkatkan ikatan sosial, yang mengarah ke komunikasi yang lebih efektif dan kecenderungan yang lebih tinggi untuk menghasilkan keturunan. Dalam kelompok yang lebih besar dapat membantu mengidentifikasi anggota kelompok dan meningkatkan kesatuan. Karena sebagian besar jenis burung lainnya tidak memiliki struktur sosial yang maju, mereka tidak perlu untuk mengembangkan kemampuan menirukan suara.

Burung betet jantan cenderung menirukan suara lebih baik dibandingkan burung betet betina, hal ini kemungkinan karena burung betet jantan yang mampu menirukan berbagai macam suara mampu selamat dari ancaman predator lainnya dan oleh karena itu merupakan pasangan yang cocok bagi burung betet betina (karena kebanyakan burung betet memiliki warna yang sangat mencolok).

Burung Jalak hongkong

Burung jalak yang satu ini memiliki ukuran fostur tubuh yang lebih besar dari burung jalak lainnya. Tak hanya dari segi ukuran fostur tubuhnya, suara burung jalak hongkong ini juga lebih keras dibandingkan dengan jenis jalak lainnya.

Burung jalak hongkong atau Black collared starling memiliki suara jeritan melengking yang keras. Burung ini juga sangat lucu ketika menirukan suara manusia yang terdengar mirip suara anak kecil.

Burung Yellow naped Amazon

Burung ini merupakan burung penyanyi yang berasal dari amazon, memiliki kicauan dengan nada nyanyian yang merdu dan berirama. Dia juga mampu menirukan suara manusia yang sering didengarnya.

Burung Double yellow head Amazon

Burung yang satu ini memiliki karakter yang hampir sama dengan burung yellow naped amazon. Nada suara dari nyanyiannya sangat berirama, burung ini juga memiliki kepintaran menirukan suara manusia.

Burung Yellow crowned Amazon

Burung yang satu ini tidak suka menggigit seperti pada kebanyakan burung paruh bengkok lainnya. Kepintaranny hampir sama dengan burung yellow naped amazon.

Burung Blue fronted Amazon

Masih burung yang berasal dari amazon, burung yang dipercaya memiliki umur yang paling panjang dari jenis burung pintar lainnya ini mampu menirukan suara manusia bahkan dengan mimik sesuai dengan yang diucapkannya.

Burung Indian ringneck

Ukurannya yang aga kecil dari burung yang bisa bicara lainnya, dengan ciri has garis melingkar di lehernya. Kecerdasannya tidak hanya menirukan suara satu kata perkata melainkan satu kalimat, namun dengan karakter suaranya sendiri yang terkadang terdengar tidak terlalu jelas.

Burung Monk parakeet

Termasuk burung parrot berukuran kecil dan suka berkoloni ini memiliki kepintaran menirukan banyak kata dari suara manusia. Burung ini dilengkapi dengan keindahan warna bulunya yang sangat lucu dan bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Burung ini dikenal juga dengan nama parkit quaker yang cerdas dan ramah.

Burung Budgerigar

Burng yang berukuran kecil ini memiliki keindahan pada pola corak dan warna bulunya yang sangat indah. Burung yang dikenal juga dengan nama budgi, parakeet atau parkit ini sangat pintar dam mampu mempelajari lagu dengan banyak frase. Walau pun suaranya tidak begitu nyaring dan terdengar tidak terlalu jelas, namun burung ini termasuk burung yang banyak digemari terutama yang berkelamin jantan, karena lebih mudah untuk dilatih menirukan suara.

Burung Jalak eropa

Jalak eropa atau european sterling (common starling) merupakan burung dari jenis jalak-jalakan yang berkembang biak di eropa dan asia barat. Ketika berimigrasi masal, ribuan burung jalak hongkong terbang dengan membentuk pola yang sangat unik. Burung ini banyak dipelihara di eropa karena memiliki kemampuan menirukan suara manusia dengan fasih.

Dan Tentu Saja Jenis Burung Beo atau Hill myna

Burung beo merupakan burung yang paling dikenal di Indonesia sebagai burung yang bisa berbicara atau menirukan suara manusia dengan fasih. Sejak zaman dulu burung beo ini sudah bersahabat dengan manusia. Mungkin anda pernah berkunjung ke sebuah rumah orang terpandang misalnya tokoh masyarakat atau tokoh agama, biasanya terdapat burung beo dirumahnya dan kebanyakan bisa menjawab salam dari tamu yang datang. Ada juga yang mempersilahkan masuk, suaranya yang mirip dengan suara manusia membuat tamu yang datang terkadang tidak menyadarinya.

Burung beo yang dirawat dari lolohan lebih mudah dilatih menirukan suara manusia daripada burung yang dipelihara dari tangkapan muda hutan. Kepintaran burung berjengger kuning dengan paruh merah ini membuat dia banyak dicari dan digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Burung beo ini ternyata masih sekeluarga dengan jenis burung jalak-jalakan.

Referensi:
Diolah dari berbagai sumber situs burung seperti omkicau.com, sakadoci.com, merdeka.com. wikipedia dan sumber lainnya

Judul :Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara
Link :Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara

Artikel terkait yang sama:


Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Pandai Menirukan Suara

0 komentar:

Posting Komentar